Rabu, 02 Juni 2010

JUNGKAT JUNGKIT

microsoft Office Power Point merupakan software yg digunakan untuk membuat serta menjalankan sebuah presentasi
Untuk menjalankan aplikasi ini, terlebih dahulu nyalakan komputer anda
Setelah pada tampilan microsoft windows, klik start menu all programs microsoft office microsoft office power point 2007
Sekarang kita siap memulai menggunakan microsoft power point.

Berikut Tampilan untuk Microsoft Office Power Point 2007:













Berikut akan disajikan presentasi sederhana dengan menggunakan beberapa fitur pada microsoft office power point serta memberi efek animasi pada presentasi tersebut.

Judul Presentasi adalah misalnya :
Jungkat-Jungkit




Berikut Langkah-Langkahnya:
Untuk memulai, klik start menu all programs microsoft office microsoft office power point 2007, atau jika telah ada shortcut nya pada windows, double klik pada shortcut tersebut
Anda akan masuk pada halaman awal microsoft power point 2007:








Perhatikan menu sebelah kiri dari tampilan slide,ada slide tab dan outline tab. Slide tab digunakan untuk menampilkan thumbnail dari presentasi serta mengurutkan presentasi. Sementara Outline tab digunakan untuk memperlihatkan garis besar dari isi presentasi









Pada tampilan slide, telah terdapat layout yang tersedia. Ada banyak layout yg disediakan untuk menyajikan presentasi sederhana. Untuk mengganti layout pada slide tadi, klik layout pada bagian slides pada standard toolbars pada menu home. Atau pada slide bar, klik kanan, klik layout, maka akan ditampilkan beberapa layout untuk slide sesuai keinginan.






Setelah mengganti layout, mulailah membuat presentasi. Kali ini, judul presentasi kita adalah Jungkat-Jungkit. Jadi kita akan membuat presentasi dengan karakter berupa gambar yang akan diberi efek animasi. Beri judul presentasi “Jungkat-Jungkit”. Mulailah menggambar dengan menggunakan Drawing tools yang tersedia pada menu home Drawing








Mulailah menggambar dengan meng-klik objek yang terdapat pada menu drawing seperti Isoscles triangle, oval, smiley face, rectangle, dan can. Susunlah gambar tersebut hingga membentuk gambar Jungkat-Jungkit seperti di bawah ini :













Agar gambar tadi dapat bergerak atau memiliki efek gerakan, kita dapat memberikan efek animasi. Pada powerpoint ada 2 jenis animasi, yaitu animate(untuk slide) dan custom animation (untuk objek atau character pada slide). Dalam hal ini, kita menggunakan custom animation.
Untuk memberi efek custom animation ini, pada menu bar, klik animation lalu klik custom animation. Maka akan tampil menu custom animation pada bagian kanan slide,seperti gambar di bawah ini :




Klik lah objek yang akan diberi efek animasi, lalu klik add effect pada menu custom animation. Akan muncul beberapa efek seperti entrance (proses masuk), emphasis (pertengahan), exit (proses keluar), serta motion paths (gerakan lain pada objek).
Berilah efek pada masing- masing objek yang kita gambar tadi
Pengaturan efek : untuk dapat mengatur efek yang tadi kita berikan, ada menu start (untuk menentukan proses animasi awal), property (untuk memberi warna pada efek), dan speed (kecepatan saat efek berlansung).
Untuk menjalankan efek terhadap satu objek melalui kendali kita atau mouse klik, klik pada menu start “on click”.
Untuk menjalankan efek terhadap satu objek bersamaan dengan objek lain sebelumnya, klik pada menu start “with previous”.
Untuk menjalankan efek terhadap satu objek bersamaan dengan objek lain sesudahnya, klik pada menu start “after previous”.
Untuk mempercepat atau memperlambat efek, dapat di klik pada menu speed (very slow, slow, medium, fast, very fast).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar